Saturday, September 19, 2020

PERANG MU'TAH: PERANG TERDAHSYAT DI MASA ROSULULLOH SAW

  BACA DAN SIMAK KEDAHSYATAN PERANG MU'TAH DALAM 5 EPISODE 




Salah satu perang antara Kaum Muslimin melawan pihak kafirin yang terjadi di masa Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam (SAW), ialah Perang Mu’tah. Perang ini termasuk yang terdahsyat di masa itu. Yakni, antara Pasukan Islam melawan Pasukan Romawi yang dipimpin oleh Kaisar Heraklius. Terjadi pada awal bulan Jumadil Awal tahun ke-8 setelah hijrah Rosululloh SAW ke Madinah (629 M), bertempat di dusun Mu’tah  (dalam negara Yordania sekarang) termasuk wilayah Kekaisaran Romawi Timur saat itu.

5 faktor penting di antaranya yang membuat Perang Mu’tah ini menjadi sangat luar biasa dibanding dengan perang-perang lainnya:

1.      Jumlah pasukan yang sangat tidak seimbang. Pasukan Islam berjumlah 3000 tentara. Pasukan Romawi berjumlah 200.000 tentara. Ini sama dengan: 3 orang lawan 200 orang. Atau, 1 lawan 70. Bayangkan !!!

2.      Syahid-nya 3 panglima Pasukan Islam yang hebat-hebat: Zaid bin Haritsah, Ja’far bin Abi Tholib dan Abdulloh ibnu Rowahah.

3.      Mundurnya Pasukan Romawi terlebih dahulu meninggalkan medan pertempuran, sebelum jelas siapa yang menang dan siapa yang kalah, sebagai akibat dari strategi Kholid bin Walid yang jitu.

4.      Perbandingan jatuh korban yang jauh berbeda. Di pihak Pasukan Islam syahid 12 orang (kurang lebih). Di pihak Pasukan Romawi tewas 20.000 orang (kurang lebih).

5.     Jarak antara Madinah (Arab Saudi) dan Mu'tah (Yordania) ialah 1.047 kilometer. Kira-kira sama dengan jarak antara ujung barat Pulau Jawa dengan ujung timur Pulau Jawa. Pasukan Islam menempuh jarak tersebut sebagian besar dengan berjalan kaki, dan sebagian kecilnya mengendarai kuda dan unta. Hal ini tentu sangat membutuhkan semangat juang yang luar biasa!

Baca dan simak kedahsyatan Perang Mu’tah untuk menambah khazanah pemahaman sejarah Islam, yang bisa menambah kekuatan iman dan akidah dalam ber-Islam.

Episode 1 - 5.

Klik: sabdaalqushwa.blogspot.com / karangan karangan

 

Semoga bermanfaat.....

 

**********

No comments:

Post a Comment