Friday, September 4, 2020

MANFAAT PUASA SUNNAH DAWUD BAGI KESEHATAN: UNTUK PENCEGAHAN INTENSIF

 

MANFAAT (1)

PUASA SUNNAH DAWUD BAGI KESEHATAN:

UNTUK PENCEGAHAN INTENSIF

 


Puasa Dawud ialah satu hari puasa dan satu hari buka (hari ini puasa, besok tidak dan seterusnya).

Puasa ini pertama kali dikerjakan oleh Nabi Dawud ‘alaihissalam. Lalu dinamakan sebagai Puasa Dawud.

Puasa Dawud ini lebih dicintai oleh Alloh SWT, berdasarkan keterangan sebuah hadits di bawah ini, bahwa Rosululloh SAW bersabda:

“Sholat yang lebih dicintai oleh Alloh ialah sholat Dawud ‘alaihissalam. Dan puasa yang lebih dicintai oleh Alloh ialah puasa Dawud. Dan adalah dia tidur pada pertengahan malam dan sholat pada sepertiga malam, dan tidur lagi pada seperenamnya. Dan puasa satu hari lalu buka satu hari.” (HR. Bukhori - Muslim).

Berarti, puasa Nabi Dawud ‘alaihissalam itu sangat memiliki keistimewaan, terbukti kalau Alloh SWT lebih mencintainya.

Keistimewaan puasa Dawud itu akan kita temukan yaitu setelah kita melaksanakannya. Berdasarkan sabda Rosululloh SAW itu, hendaknya kita tertarik untuk mengerjakannya. Sebab, apa yang dikatakan beliau itu adalah benar.

 

Puasa Dawud itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh sebagai pencegahan penyakit secara intensif (sebagai langkah ke-1). Artinya, proses pembersihan makanan di dalam tubuh oleh mesin pencernaan dilakukan dalam waktu yang cepat. Sehingga, tidak ada penumpukan makanan tersisa yang mengakibatkan adanya pembusukan. Sebab esok harinya saat puasa, mesin pencernaan akan memprosesnya sampai tuntas.

Jadi secara simpel, hari ini perut berisi penuh dengan makanan dan minuman, maka esok harinya perut dikosongkan dengan puasa, sehingga mesin pencernaan memproses sisa-sisa makanan itu sampai bersih.

Dengan demikian, tidak ada lagi kesempatan bagi makanan dan minuman tertentu untuk membuat penyakit-penyakit tertentu menjadi kumat atau berkembang lebih parah lagi.

Oleh karena itu, bagi orang-orang yang ingin menjaga kesehatan tubuh secara intensif, maka puasa Dawud itu sangat penting dijadikan sebagai alternatif rutinitas untuk dikerjakan.

Ingatlah selalu dua keuntungan yang akan didapat ini: kesehatan bagi tubuh dan pahala dari Alloh SWT !!!

 

Semoga bermanfaat.....!

 

**********

No comments:

Post a Comment