Tuesday, September 1, 2020

MANFAAT WANGI-WANGIAN: MENCEGAH VIRUS DAN JIN

 

MANFAAT WANGI-WANGIAN MENCEGAH VIRUS DAN JIN

 


WANGI-WANGIAN BAGI ROSULULLOH SAW

Wangi-wangian (parfume) ialah bau-bauan yang paling disukai oleh manusia. Lawannya ialah bau busuk.

Kita mungkin selama ini menganggap bahwa wangi-wangian itu adalah hal yang sudah biasa, yang fungsinya hanya sebatas memberikan aroma harum pada pakaian, badan, ruangan dan yang lainnya.

Padahal, wangi-wangian memiliki manfaat yang lebih dahsyat dari yang kita perkirakan selama ini.

Kita tengok sejenak wangi-wangian dalam kehidupan Rosululloh SAW dalam beberapa hadits yang menerangkannya (dari kitab Asy-Syamaa-ilul-muhammadiyah, karya Imam At-Tirmizy rohimahulloh). Di antaranya...

·         Berkata Anas bin Malik rodhiyallohu anhu: “Adalah Rosululloh memiliki tempat minyak wangi untuk mengharumkan badannya.”

·         Dari Anas bin Malik ra.: “Sesungguhnya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menolak (pemberian) minyak wangi.”

·         Sabda Rosululloh SAW: “Tiga hal yang tidak layak ditolak ialah bantal, minyak wangi dan susu.”

·         Sabda Rosululloh SAW: “Bila seseorang dari kalian diberi kembang, maka janganlah ditolak, sebab dia berasal dari surga.”

·         Sabda Roslulloh SAW: “Wangi-wangian laki-laki ialah tajam aromanya dan tersembunyi warnanya. Sedangkan wangi-wangian perempuan ialah tajam warnanya dan tersembunyi aromanya.”

Bisa dipahami, bahwa Rosululloh SAW mementingkan wangi-wangian, yang sudah jelas tujuannya ialah untuk menghindari bau tidak sedap yang ada di badan, seperti bau keringat, ketiak dan yang lainnya.

Karena pentingnya wangi-wangian itu, Rosululloh SAW selalu menerima setiap pemberian berupa wangi-wangian (seperti minyak wangi) itu. Bahkan  pemberian sekuntum bunga pun beliau menerimanya, sebab bunga mengandung unsur wewangian, yang seolah mengingatkan tentang keadaan surga yang penuh dengan keindahan dan keharuman itu.

Kemudian, beliau menjelaskan, bahwa wewangian atau minyak wangi untuk laki-laki ialah yang tajam aromanya (karena laki-laki banyak mengeluarkan keringat akibat dari banyaknya aktifitas yang dilakukannya) dan warnanya gelap (menandakan kekentalan cairannya); sedangkan wewangian untuk perempuan ialah yang cerah warnanya (menandakan keenceran cairannya) sehingga aromanya pun tersembunyi (tidak tajam menyengat hidung).

 

MANFAAT WANGI-WANGIAN

Adapun manfaat dari wewangian atau minyak wangi itu bukan hanya untuk menutupi bau-bau tidak sedap di badan, ruangan atau tempat-tempat lainnya. Tapi ada manfaat-manfaat lainnya yang mungkin selama ini tidak kita sadari. Di antaranya ialah...

1.      Mencegah Virus

Wangi-wangian memiliki hubungan yang erat dengan bunga. Sebab, kebanyakan wewangian itu berasal dari bunga.

Adapun virus (termasuk bakteri dan kuman) sudah bisa dipastikan berasal dari benda yang busuk dan tempat yang kotor, walaupun tidak perlu lewat penelitian lagi.

Sebagai contoh, coba perhatikan binatang kecil yang bernama lalat itu...

Lalat selalu berkerumun di benda-benda yang berbau busuk dan tempat-tempat yang kotor, seperti bangkai atau tumpukan sampah. Maka, sudah sangat umum, kalau lalat itu diidentikan sebagai binatang pembawa virus, bakteri atau kuman.

Perlu diperhatikan, bahwa adanya bau-bau busuk itu adalah karena adanya micro organisme (makhluk kecil semacam bakteri) yang melakukan proses perubahan pada benda-benda yang lunak dan cair (seperti buah-buahan, bangkai, minuman dan lainnya). Lalu, bau busuk itu diterbangkan oleh angin menyebar kemana-mana. Dan orang-orang yang menghirupnya bisa merasa mual, pening, muntah dan tidak nafsu makan.

Sedangkan, aroma wangi yang terdapat pada bunga atau pohon tertentu adalah terjadi secara alamiah dari proses pertumbuhan pohon dan bunga di atas tanah. Artinya, terjadinya aroma wangi itu bukan dilakukan oleh bakteri tertentu, melainkan karena memang pohon atau bunga itu sudah mengandung zat-zat yang harum (wangi), seperti bunga melati dan pohon pandan.

Dengan demikian, untuk menghadapi bau busuk akibat dari perbuatan bakteri (kuman atau virus) itu tidak hanya dengan menghindarinya jauh-jauh. Tapi juga harus menghadirkan aroma wangi untuk melawannya dan mematikan penyebarannya. Bila aroma wangi sudah menguasai keadaan, maka tidak akan ada lagi rasa mual, pusing, muntah dan mabuk lainnya.

Maka, dengan adanya suasana yang penuh aroma wangi, akan membuat nafas terasa lega, kepala terasa ringan, perut terasa tenang, pikiran terasa optimis.

Pertanyaannya: Apakah virus Corona bisa dicegah dengan wangi-wangian?

Jawabannya: Buatlah dirimu seperti bunga atau daun pandan. Meskipun kamu tumbuh dipupuk oleh kotoran binatang dan tinggal dekat tempat sampah, tapi aroma dirimu tetap wangi. Itu artinya, konsumsilah makanan dan minuman yang bisa selalu menguatkan kekebalan dirimu, sehingga virus apapun tidak akan bisa mencelakai dirimu, walaupun kamu berada di tengah pandemik saat ini! Untuk selanjutnya, silahkan cari cara lainnya....

 

2.      Mencegah Jin

Apa iya sih jin bisa dicegah dengan wangi-wangian? Emangnya dia takut gitu sama minyak wangi, cologne atau parfume lainnya?

Simak baik-baik ya....!

Bangsa jin itu terdiri dari dua golongan (QS. Al-Jin: 1), yaitu: ada yang baik (muslim/sholih) dan ada yang jahat (qosith/sayiah) dalam kehidupannya (QS. Al-Jin: 11 dan 14).

Jin yang jahat termasuk ke dalam golongan Iblis (syetan). Karenanya, dia sering mengganggu manusia agar manusia tidak melakukan perbuatan baik dan bermanfaat. Sebagaimana firman Alloh SWT ini:

“Sesungguhnya syetan itu menyuruh berbuat yang keji (kotor) dan pelanggaran (membangkang).” (QS. An-Nur: 21).

“Sesungguhnya syetan itu adalah musuh bagimu. Maka jadikanlah dia musuh. Sesungguhnya syetan-syetan itu mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS. Fathir: 6).

Jin-jin jahat itu tempat tinggalnya di rumah kosong, pohon besar, saluran air, kamar mandi/WC dan tempat-tempat sepi, kumuh dan kotor lainnya.

Dalam sebuah hadits Rosululloh SAW bersabda: “Janganlah kamu jadikan rumah-rumah kamu (seperti) kuburan.”

Oleh karena itu, manusia yang sadar akan perbedaannya dengan jin jahat itu, hendaklah ia menjadikan tempat tinggalnya dalam keadaan bersih, rapi dan wangi, agar suasananya terasa  segar, nyaman dan damai.

Dengan kita membuat perbedaan-perbedaan dalam hal penataan tempat tinggal seperti itu, berarti kita sudah mencegah kehadiran jin ke rumah kita, karena rumah kita tidak seperti kuburan yang sepi, angker dan bau tak sedap itu.

Dalam suasana yang baik itu, maka lantunkanlah ayat-ayat Al-Quran sesering mungkin, agar kesan seperti kuburan itu semakin jauh dari tempat tinggal keberadaan kita.

Pertanyaannya: Kemenyan termasuk jenis wewangian, kenapa banyak orang di dunia mistik memanggil jin dengan kemenyan tersebut?

Jawabannya: Kemenyan itu adalah sejenis pohon yang nama dunianya ialah styrax. Pohon kemenyan (styrax) ini diambil getahnya, lalu dikeringkan hingga mengeras seperti kaca (batu). Sesungguhnya banyak jenis kemenyan dan aromanya pun berbeda-beda. Dan tidak semua jenis kemenyan bisa dijadikan wewangian untuk memanggil jin. Ada kemenyan jenis tertentu (khusus) yang dipergunakan oleh orang-orang di dunia mistik untuk memanggil jin (dan itu hanya mereka yang lebih tahu). Dengan aroma kemenyan tersebut jin terpanggil untuk datang. Jin tidak kenal dengan aroma wangi selain aroma kemenyan itu. Tradisi ini sudah berjalan ribuan tahun yang lalu hingga hari ini. Karena itu, nyaris tidak ada produk wewangian (cairan atau spray) yang umum beredar di tengah masyarakat yang menggunakan aroma kemenyan.  Dengan demikian, jin akan menghindar dengan aroma selain kemenyan itu tersebab tidak menyukainya.

 

TIPS MEMBUAT WEWANGIAN SEDERHANA DAN MURAH

1.      Ambil 1 sachet produk pewangi pakaian seharga Rp. 500 ,- (kispray, molto, downy, royale atau yang lainnya).

2.      Masukkan ke dalam botol spray bekas botol kispray, spray cologne atau botol bekas minyak wangi semprot lainnya.

3.      Tambahkan air minum isi ulang atau air minum kemasan seukuran botol tersebut. Lalu kocok sebentar, dan siap digunakan.

Silahkan semprotkan di ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi/WC, kain gorden, jemuran pakaian dan sudut-sudut ruangan lainnya.

Lakukan pada pagi, siang dan malam hari. Atau ulangi pada saat-saat tertentu sesuai keinginan anda.

Rasakanlah kesegarannya... Niscaya penuh kenyamanan dan membangkitkan semangat, diiringi berjuta optimisme yang cerah...!

 

Silahkan dicoba! Semoga bermanfaat!

 

**********


No comments:

Post a Comment