Wednesday, October 21, 2015

CARA MEMBUAT SAMBEL YANG ALAMI, FRESH DAN HUWAH !!!



 SAMBAL: SI PEDAS
YANG FRESH DAN BERGIZI


Sambal...!
Semua orang tentu sudah tahu, ialah salah satu menu makanan sehari-hari yang tidak kalah pentingnya, terutama dimakan bersama lalap-lalapan, seperti: petai, jengkol, terong, mentimun, kacang panjang, daun singkong, daun putat, daun jambu mede, selada air dan yang lainnya.
Dan, sambalado adalah sambal yang pedas...!!!

KOMPOSISI
Bahan sambal terdiri dari beberapa jenis bumbu masak, seperti: cabe, bawang merah, terasi, garam dan buah asem/tamarind (alternatifnya: tomat atau belimbing wuluh).

PROSES PEMBUATAN 
Proses pembuatan sambal umumnya dikerjakan secara tradisional oleh tangan (made hand) dengan menggunakan mutu (yang terbuat dari batu kali atau kayu) di atas cowet (yang terbuat dari batu atau tanah yang dibakar).
Tapi saat ini sudah banyak orang yang menggunakan blender atau mesin penggiling lainnya. Proses ini memang lebih cepat, apalagi untuk pembuatan dalam jumlah besar.

EFEK SAMPING
Karena sambal mengandung cabe, maka jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan beberapa keluhan pada perut, seperti: mules, mencret atau diare.
Dalam beberapa kasus, bisa mengakibatkan beberapa penyakit yang lebih parah, seperti: BAB berdarah, ambeien, muntaber, tipes dan gangguan/radang pada lambung dan saluran pencernaan.
Disarankan agar banyak minum air putih.
Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi sambal. Jangan berlebihan...!

T I P S
v  Umumnya orang bilang, bahwa enaknya sambal itu dibuat dengan diulek oleh tangan. Sebab, dengan menggunakan blender atau mesin giling itu akan mengakibatkan beberapa zat gizi dalam bahan-bahan sambal itu menguap bersama hawa panas dari putaran alat tersebut.
v  Berdasarkan pengalaman, lebih nikmat makan dengan sambal itu di sawung/gubuk di area
kebun atau persawahan, sambil merasakan hembusan angin yang segar di alam bebas.

KANDUNGAN GIZI DALAM BAHAN-BAHAN SAMBAL
Setidaknya ada “7 BAHAN” yang umum digunakan oleh orang untuk membuat SAMBAL, seperti di bawah ini:

1.       Cabe
2.       Bawang merah
3.       Buah asem/tamarind
4.       Tomat
5.       Belimbing wuluh
6.       Terasi
7.       Garam
            Untuk informasi KANDUNGAN NILAI GIZI DALAM BAHAN-BAHAN SAMBAL tersebut, saya membuat artikelnya secara terpisah dengan judul: MANFAAT SAMBEL DENGAN 7 BAHAN YANG BERGIZI, klik di : sabdaalqushwa.blogspot.com .

Nah...!
Colak-colek sambaladonya udah dulu ya...
Awas, jangan berlebihan...!
Dan, ikuti terus artikel-artikel bermutu di : sabdaalqushwa.blogspot.com.
Barokallohu lii wa lakum. Aamiin......

*******

No comments:

Post a Comment