Tuesday, October 20, 2015

KANDUNGAN ZAT GIZI DALAM CABE ADA 10



INILAH :

10 ZAT GIZI DALAM CABE 


1.     Kalori
Kalori itu sejenis zat-energi, karena dia terdapat di semua zat-gizi.
Misalnya:
1 gram Karbohidrat = 4 Kalori
1 gram Protein = 4 Kalori
1 gram Lemak = 9 Kalori
Dan seterusnya...
Tanpa kalori, maka tubuh kita akan menjadi lemah, lesu, dan sel-sel dalam tubuh akan mati secara otomatis. Kita juga membutuhkan kalori untuk menggerakkan sistem organ tubuh seperti hati, otak, paru-paru, jantung, ginjal dan sistem aliran darah.

2.     Kalsium
Mengaktifkan syaraf, melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, menormalkan tekanan darah, menyeimbangkan keasaman/kebasaan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah Osteoporosis (keropos tulang), mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker usus, mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik, mengatasi keluhan saat haid dan menopause, meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui, membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, mengatasi kaki tangan kering dan pecah-pecah, memulihkan gairah seks yang menurun/melemah, dan mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas).

3.     Protein
Protein merupakan salah satu sumber utama energy, bersama sumber energi lainnya seperti karbohidrat dan lemak.
Protein berfungsi sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan aus terpakai sebagai protein struktural.
Protein sebagai pertahanan tubuh melawan berbagai mikroba dan zat toksik lainnya yang datang dari luar dan masuk ke dalam tubuh.
Protein sebagai pengatur proses-proses metabolisma dalam bentuk enzim dan hormone.
Protein berfungsi dalam menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk genes.
Protein berasal dari hewani dan nabati. Sumber protein hewani dapat berbentuk daging, dan alat-alat atau organ dalam seperti hati, pankreas, ginjal, paru, jantung, dan jeroan (babat, gaster, usus halus atau usus besar).
Telur dan susu sumber protein kualitas tinggi, juga termasuk ikan, kerang atau udang sumber protein baik dengan kandungan lemak rendah.

4.     Lemak
Lemak berperan sebagai cadangan energy dalam bentuk jaringan lemak yang disimpan di tempat-tempat tertentu.
Lemak dalam jaringan kulit melindungi tubuh dari hawa dingin agar dapat mempertahankan suhu tubuh.
Lemak dibagi dua: lemak hewani (ikan, telur, dan susu) dan lemak nabati (kacang-kacangan, biji-bijian dan alpokat).

5.     Karbohidrat
Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai pemasok energi. Dalam 1 gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kilo kalori yang melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh akan menjadi sumber energi.
Membantu memperlancar proses pada pencernaan
Mengoptimalkan kerja protein, apabila tubuh mengalami kekurangan asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk tubuh.
Memberikan efek kenyang dengan kandungan selulosa-nya.
Karbohidrat terdapat pada bahan-bahan makanan di bawah ini: Beras merah, ubi, kentang, singkong, jagung, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur dengan daun hijau mengandung karbohidrat yang tinggi serta rendah kalori.

6.     Fosfor
Fungsi utama fosfor sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dam pemakaian kalsium.
Fosfor terdapat dalam makanan yang tinggi protein, seperti ikan, ayam, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan serelia atau gandum.

7.     Besi
Zat besi memproduksi hemoglobin dan myoglobin dalam sel darah merah dan mengikat oksigen dari paru-paru lalu membagikannya ke seluruh jaringan tubuh.
Zat besi penting dalam otot dan membantu laju pertumbuhan sel-sel tubuh.

8.     Vitamin A
Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh. Menjaga kesehatan mata. Mengoptimalkan perkembangan janin. Menghambat sel kanker payudara. Meningkatkan kekebalan tubuh. Mencegah penuan dini. Mencerahkan kulitTidak berbahaya bagi kulit

9.     Vitamin C
Vitamin C secara umum adalah membantu tubuh untuk mengontrol semua organ tubuh agar tetap stabil dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.
Menjadi obat pencegah penyakit dan melawan sel kanker.
Memperbaiki jaringan sel kulit.
Meningkatkan mood.
Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.
Mencegah naiknya tekanan darah.
Meningkatkan kesehatan mata.

10.                        Vitamin B
Vitamin B tidak berdiri sendiri.
Vitamin B terdiri dari beberapa bagian, yakni: tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (asam nikotinat, niasinamida), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat, biotin, folasin (asam folat dan turunan aktifnya), serta vitamin B12 (sianokobalamin).
Itulah yang dinamakan sebagai Vitamin B komplek, yang berfungsi untuk kekebalan tubuh, peredaran darah, nafsu makan dan organ-organ vital lainnya.

>>> Lanjutkan ke: “SAMBALADO: SI PEDAS YANG FRESH DAN BERGIZI
di: sabdaalqushwa.blogspot.com

*******


No comments:

Post a Comment