Sunday, October 18, 2015

HIJRAH: MAKNA DAN HAKIKATNYA



HIJRAH:

MAKNA DAN HAKIKATNYA



Hijrah” secara bahasa artinya ialah “meninggalkan (tidak bersama lagi), memutuskan (hubungan apapun), pindah (ke tempat lain)”.
Sedangkan secara maknawiyah, “hijrah” artinya “memutuskan, meninggalkan atau pindah dari satu tempat ke tempat yang lain”. Seperti misalnya, Rosululloh hijrah dari Mekkah ke Madinah.
Maka, hijrah Rosululloh itu melalui proses “memutuskan” (hubungan apapun dengan orang-orang kafir Quraisy), lalu “meninggalkan” (segala apa yang ada di mekkah), selanjutnya “pindah” (dari Mekkah ke Madinah).

Untuk MENGENANG DETIK-DETIK PERJALANAN HIJRAH ROSULULLOH ke Madinah, silahkan ikuti Drama Kolosal menyambut Tahun Baru Islam, dengan judul: PENGEJARAN DI PADANG PASIR (11 episode) di : sabdaalqushwa.blogspot.com .


Adapun secara hakikat, “hijrah” itu memiliki arti yang lebih luas lagi, bukan hanya “pindah dari satu tempat ke tempat lain”, tapi juga bisa berarti “pindah dari dosa menuju kepada kebaikan” (secara Islami). 

Contoh hijrah seperti itu, misalnya: banyak artis yang dulunya suka memamerkan aurat di muka umum dan beradegan yang berbau seksual, lalu memutuskan untuk meninggalkannya dan beralih (pindah) dengan mengenakan hijab (kerudung / jilbab).
Contohnya 10 ARTIS yang terpilih sebagai BIDADARI PEMBERANI dalam berhijab itu. Selengkapnya baca: INILAH 10 ARTIS PEMBERANI YANG MENJADI BIDADARI BERHIJAB di : sabdaalqushwa.blogspot.com .

Demikianlah uraian singkat tentang makna dan hakikat hijrah yang sedang ramai dibicarakan saat Tahun Baru Hijriyah tiba.
Untuk mendapatkan artikel-artikel da’wah lainnya, silahkan click always on : sabdaalqushwa.blogspot.com .

Semoga bermanfaat dalam kebaikan di dunia dan akhirat.
Barokallohu lii wa lakum. Aamiin......

*****

No comments:

Post a Comment