Monday, December 7, 2015

DUA BISIKAN MALAIKAT DAN SYETAN:





SAAT MALAM TIBA
DAN
SAAT MATAHARI TERBIT

Bisikan” adalah “suara halus, lembut dan menggoda
yang hadir di telinga atau yang bergerak di dalam hati.
Adapun bisikan yang saya maksud di sini ialah bisikan dari malaikat dan syetan. Yakni, “bisikan kebaikan” (dari malaikat) dan ”bisikan keburukan” (dari syetan).
Dan dua bisikan itu terjadi
saat matahari terbit atau pagi hari, yang merupakan awal hari, di mana kita baru bangun dari tidur, dan kemudian kita mempersiapkan diri untuk melakukan rutinitas sehari-hari;
dan, dua bisikan lagi saat matahari tenggelam atau sore hari, yang merupakan awal malam, di mana kita sudah lelah ingin istirahat, dan kemudian kita mempersiapkan diri untuk melewati malam dengan tidur.



RENUNGAN

Bahwa, sepanjang hidup kita akan selalu didatangi oleh malaikat dan syetan yang berlomba-lomba, di saat menjelang tidur dan saat menjelang bangun tidur. Malaikat akan membisiki kebaikan, dan syetan akan membisiki kejahatan.
Sebagai orang-orang beriman, kita harus mengikuti bisikan yang baik dari malaikat. Yakni, dengan mengikuti cara-cara atau adab-adab yang sudah diajarkan oleh Rosululloh saat menjelang tidur dan saat bangun dari tidur.
Bila kita tidak mengikuti apa yang sudah diajarkan Rosululloh itu, secara spontanitas kita sudah mengikuti bisikan syetan yang jahat itu.

Na’uudzu billahi mindzaalik...!
Mari kita asah terus ingatan kita, agar selalu banyak mengingat Alloh (kapanpun, di manapun dan dalam keadaan bagaimanapun).
Firman Alloh:
“Hai orang-orang yang beriman! Ingatlah (zikir) kepada Alloh, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya saat pagi dan menjelang sore.”(QS. Al-Ahzab: 41-42).
“Orang-orang yang beriman dan menjadi tenang hati mereka dengan ingat (zikir) pada Alloh. Ketahuilah, hanya dengan zikir kepada Alloh hati menjadi tenang.”(QS. Ar-Ro’d: 28).

Yuk, kita simak!
Inilah bahasannya satu per satu di halaman berikutnya...!

1.   BISIKAN MALAIKAT DAN SYETAN SAAT AKAN TIDUR
2.   BISIKAN MALAIKAT DAN SYETAN SAAT BANGUN TIDUR

*******


No comments:

Post a Comment