Wednesday, September 30, 2015

MANAGEMEN DA'WAH



MANAGEMEN
DA’WAH
MARKAS: MESJID NURUL AMAL, KOMPLEK KECAMATAN LAMA, RENGASDENGKLOK 41352.
KONTAK INFORMASI: HP 085691837808, 08977745997.


PENDAHULUAN

Assalamu ‘alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh...

MANAGEMEN DA’WAH (MD) berdiri sejak 14 Januari 2011. Pendirinya SABDA IBNU HUSNA AL-QUSHWA.
Sejak kemunculannya, MD berjalan merayap. Kendala yang paling utama ialah terletak pada dua poin ini: (1) dana yang lemah dan (2) waktu yang terbatas.
Namun, sejak pertengahan 2015 ini, SABDA AL-QUSHWA melakukan pembaharuan-pembaharuan di MD ini. Terutama da’wah-da’wah lewat tulisan secara intensif yang sentralisasi filenya di: sabdaalqushwa.blogspot.com, dan untuk lisan (audio) di: soundcloud.com/sabdaalqushwa. Sebagai ujung-tombak informasi dan promosi ialah media-media sosial lainnya, seperti: google+, facebook, twitter, instagram, tumblr., path dan pinterest.

Untuk keikut-sertaan, mari gabung di grup MANAGEMEN DA'WAH di facebook SABDA AL-QUSHWA/

“Sampaikanlah dari aku walaupun satu ayat.”
(HR. Bukhori).
“Hai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Alloh, pastilah Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
(QS. Muhammad: 7).


Wassalam ‘alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh...
(SABDA IBNU HUSNA AL-QUSHWA, THE FOUNDING FATHER)

***



KERANGKA RENCANA DAN PROGRAM

MOTTO
Sampaikan Walaupun Satu Ayat.

VISI
Membangun dan mengeksistensikan da’wah meskipun dengan satu ayat.

MISSI
Menyeru manusia kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan berdasarkan Ajaran Alloh dan Petunjuk Rosul-Nya.

BAB SATU : LATAR BELAKANG
(Motivasi dan Pengertian)

BAB DUA : TARGET OBJEK
(Penggalian Potensi)

BAB TIGA : SUMBER DANA
(Infak dan Donatur)

BAB EMPAT : POTENSI DAYA USAHA
(Menciptakan dan Menjual Produk)

BAB LIMA : SASARAN PENCAPAIAN
(Jangka Pendek dan Jangka Panjang)

BAB ENAM : RENCANA-RENCANA
(Program dan Eksistensi)

BAB TUJUH : DOA 
(Harapan dan Keyakinan)


*** 


URAIAN GLOBAL

BAB SATU : LATAR BELAKANG
1.      Motivasi Pendirian
  •          Prihatin dengan konsep da’wah umum yang ada saat ini yang tidak sistematis dan komuniukatif.
  •          Prihatin dengan kondisi ekonomi para da’i yang tidak mapan.
2.      Pengertian Nama “MANAGEMEN DA’WAH”
  •         “MANAGEMEN DA’WAH” mengarah kepada keteraturan, sistematika dan kordinasi dalam berda’wah.
3.      Pengertian Semboyan / Motto
  •          “Sampaikan Walaupun Satu Ayat” bertujuan kepada kemampuan berda’wah yang harus dimulai meskipun hanya bermodalkan satu ayat.

BAB DUA : TARGET OBJEK
1.      Menggali Potensi Diri (pikiran, lisan dan perbuatan)
2.      Menggali Potensi Dana (skill, usaha)

   BAB TIGA : SUMBER DANA
1.      Infak (anggota dan umum)
2.       Donatur (rutin dan temporal)

BAB EMPAT : POTENSI DAYA USAHA
1.      Menciptakan dan menjual produk-produk kreator dari dalam MD
2.      Menerima titipan produk dari umum

BAB LIMA : SASARAN PENCAPAIAN
1.      Sasaran Jangka Pendek
·         Merekrut anggota-anggota baru.
  •          Memproduksi barang-barang yang menghasilkan untung.
·         Mengeksiskan pijakan MD
2.      Sasaran Jangka Panjang
  •          Kerjasama dengan pihak-pihak yang peduli dengan da’wah.
  •          Membuat divisi-divisi/jaringan usaha: MD Fashion, MD Accessories, MD Food,
MD Publishing, MD Training dan yang lainnya.
·         Go international.

BAB ENAM : RENCANA-RENCANA
1.      Operasional Da’wah (lisan, tulisan dan amal)
2.      Penggalangan Dana (donatur dan skill)
3.      Produksi Barang (makanan dan peralatan)
4.      Promo-promo (profil, usaha dan produk)

BAB TUJUH : DOA
“Ya Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang...
Sesungguhnya apa yang kami lakukan ini adalah demi menzhohirkan agama-Mu (QS. Ash-Shoff: 9), agar terbukti bahwa hanya agama-Mu-lah yang terbaik (QS. Ali Imron: 19),
sehingga semua agama hanya milik-Mu semata (QS. Al-Anfal: 39).
Ya Alloh Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa...
Kami mohon petunjuk-Mu, bimbingan-Mu dan perlindungan-Mu.
Maka tolonglah kami dari orang-orang yang kafir (QS. Al-Baqoroh: 286).
Aamiin...”

*******

No comments:

Post a Comment