Monday, August 24, 2015

MANFAAT SUSU (SI PUTIH SANG PEMBERSIH)



SUSU  
SI PUTIH SANG PEMBERSIH





Susu (labanun, milk)
yang berasal dari hewan,
adalah salah satu minuman
yang disebutkan dalam Al-Quran.
Ayatnya beriringan dengan ayat yang menjelaskan tentang madu.

“Dan sesungguhnya
pada binatang ternak itu
benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu.
Kami memberi kamu minum
dari apa yang berada dalam perutnya
di antara tahi (kotoran) dan darah,
ialah susu,
yang bersih lagi mudah ditelan
bagi orang-orang yang meminumnya.”
(QS. An-Nahl: 66).



Dan dalam ayat lainnya yang masih berkaitan tapi Alloh tidak menyebutkan kata susu (labanun), Dia menjelaskan manfaat lain dari binatang:
“... Kami memberi kamu minum dari apa yang ada dalam perutnya (hewan), dan juga pada binatang-binatang itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan (dagingnya), dan di atas punggung-punggungnya serta di atas perahu-perahu, kamu diangkut.” (QS. Al-Mu,minun: 21-22).

Beberapa hewan yang menghasilkan susu ialah sapi, onta, kambing dan kuda. Tapi yang sangat populer ialah susu sapi. Bahkan perusahaan-perusahaan besar susu di dunia hingga saat ini hanya memproduksi susu sapi.  
Antara tahi/kotoran dan darah, di situlah letak susu dalam perut binatang. Secara maknawi, keberadaan susu ini sangat “ajaib”. Dia tidak tercemar oleh kotoran dan darah itu.

Sehingga bisa disimpulkan, bahwa susu bisa berfungsi sebagai “pembersih” bagian-bagian dalam organ tubuh manusia (di samping memberikan nutrisi), seperti: lambung, ginjal, usus dan saluran pembuangan; dan bisa melancarkan proses metabolisme (perubahan makanan menjadi zat gizi); sehingga pergerakan zat gizi ke saluran darah berjalan lancar.
Adapun kandungan zat yang ada dalam susu di antaranya yang penting ialah: Protein, vitamin (terutama vitamin B dan A), lemak, kalsium, laktosa (bentuk gula).
Manfaat susu ialah untuk: proses pertumbuhan (terutama pada anak), kecukupan gizi pertumbuhan, pembentukan tulang dan gigi, pembersih racun, anti-bodi, anti-biotik.
Maka, dianjurkan minum susu minimal dua gelas sehari, berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bisa diminum dengan air dingin ataupun air hangat, sesuai selera setiap orang.
Tapi bagi orang yang alergi atau memang tidak suka dengan susu hewan, bisa mencari alternatif lain yaitu dengan mengkonsumsi susu nabati yang berasal dari kedelai.

Kedelai ini banyak mengandung protein kwalitas tinggi, lemak tak jenuh tingkat tinggi, asam amino, kelompok vitamin B, vitamin E, kanji, serat, mineral (potasium, besi, fosfor, mangan, magnesium), estrogen tanaman.
Kalau memang tidak suka dengan susu jenis apapun (hewani atau nabati), tidaklah ada pengaruh negatif apa-apa bagi kebaikan tubuh. Toh, di dunia ini sangat banyak orang yang jarang sekali mengkonsumsi susu atau tidak ingin sama sekali untuk mengkonsumsi susu, tapi mereka tetap sehat dan bertahan lama dalam hidupnya.
Hanya saja, bagi orang-orang muslim, apa salahnya berusaha untuk mengkonsumsi susu sebisanya. Karena Alloh telah memilih susu sebagai minuman yang  tertulis dalam kitab Suci-Nya, Al-Quran, sampai akhir zaman. Yang berarti, susu memiliki kebaikan-kebaikan peringkat yang tertinggi (sama dengan madu) dibandingkan minuman-minuman lainnya.

Barokallohu lii wa laum...

>>> Dengarkan di : soundcloud.com/sabdaalqushwa 

  ***********

No comments:

Post a Comment