Sunday, August 23, 2020

CURHAT CINTA, RINDU DAN CEMBURU: MENCARI SOLUSI UNTUK PROBLEMATIKA ASMARA


MENCARI SOLUSI UNTUK PROBLEMATIKA ASMARA

 

KEBERADAAN CINTA

Cinta... adalah anugerah terindah dari Sang Pencipta diri manusia. Dibenamkan-Nya cinta dalam hati makhluk ciptaan-Nya itu. Karena itu, cinta bermain hanya dalam rasa.

Ada yang bilang dengan bahasa luar sana, bahwa...

Love is energy and pleasure in giving. Cinta adalah tenaga dan rela dalam memberi (berkorban).

Cinta hadir tidak sendirian. Dia punya dua teman yang setia. Yakni, rindu dan cemburu. Tiga serangkai ini selalu kompak dalam aksinya.

Perumpamaannya, cinta berkedudukan sebagai ratu, rindu adalah penasehatnya, dan cemburu adalah perdana menterinya. Sedang wilayah kekuasaannya ialah diri manusia.

Cinta selalu bertindak ingin memiliki apa yang dia cita-citakan. Kerap cinta jadi pemberontak yang tak pernah kenal menyerah demi mewujudkan keinginannya itu. Walau gunung jadi penghalang, badai jadi penghadang, lautan jadi pemisah, atau apapun yang terjadi... semua itu tak peduli bagi cinta!

Sedang rindu selalu membangkitkan gairah cinta. Sebagai penasehat, rindu selalu mengingatkan dan memunculkan bayangan tentang apa-apa yang menjadi target cinta. Dari rindu-lah datangnya ide-ide, rencana-rencana, masukan-masukan dan program-program lainnya. Seperti: tentang waktunya diplomasi lewat online, pertemuan di darat, kunjungan rutin dan acara-acara lainnya.

Adapun cemburu senantiasa mengobarkan semangat juang cinta. Sebagai perdana menteri, cemburu tidak ingin ada saingan bagi cinta. Siapa yang berani mengusik milik cinta, maka cemburu akan mengumumkan perang mati-matian!

 

AKSI CINTA

Bila cinta, rindu dan cemburu (Trio CRC) sudah menguasai dan mengendalikan wilayah kerajaannya, yaitu diri manusia, maka sulit untuk menahannya.

Seperti yang pernah terjadi pada diri Ratu Zulaikha, permaisuri Raja Mesir itu, yang tergila-gila pada seorang pemuda budak beliannya itu, yang bernama Yusuf.

Karena sudah tidak mampu lagi menahan gejolak cinta, rindu dan cemburu, Ratu Zulaikha langsung menyatakan keinginannya secara frontal pada Yusuf. Dan ketika Yusuf menolaknya, Ratu Zulaikha jadi membabi-buta mengejar Yusuf. Maka terjadilah aksi kejar-kejaran di dalam rumah. Hingga akhirnya ketahuan apa yang sedang terjadi itu oleh Raja Al-Aziz. Kemudian terbongkarlah rahasia cinta Ratu Zulaikha yang terpendam dalam dadanya selama itu.

            Kisah selengkapnya, silahkan baca surat Yusuf dari ayat pertama sampai akhir yang diabadikan dalam Al-Quran itu.

Kenapa Ratu Zulaikha sampai begitu nekadnya ?!

Salah satu penyebab utamanya ialah karena dominasi cinta sudah memutuskan hubungan hati dengan logika. Sehingga ketika logika memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada hati agar tidak membabi-buta mengikuti kemauan cinta, maka hati sudah tak mempan lagi untuk dinasehati.

 

SOLUSI CINTA BERMASALAH

Di satu sisi cinta tak bisa dikendalikan, dan sisi lain cinta bisa memberikan rasa sakit kepada diri orang yang ditempatinya. Misalnya, cinta ditolak atau diputuskan oleh si dia. Penyebabnya mungkin karena adanya ketidak-cocokan atau kebosanan.

Banyak faktor yang menyebabkan hubungan cinta bisa renggang, retak dan putus. Kaitannya bisa berhubungan dengan hal materi, orang ketiga, salah paham dan lainnya.

Untuk mengatasi cinta yang bermasalah, maka ambillah beberapa langkah awal ini...

1.      Tenangkan diri dulu beberapa waktu dalam kesendirian.

2.      Jangan dengarkan dulu ocehan-ocehan orang di kiri-kanan.

3.      Berusaha menimbang kebaikan dan keburukannya sebelum memutuskan masalah.

Selanjutnya, silahkan bertanya kepada orang dianggap mampu dan bijak dalam memberikan solusi tentang cinta yang bermasalah itu.

Untuk sekedar berbagi atau ngobrol seputar pengalaman cinta, rindu dan cemburu, silahkan tulis komentar di ruang yang sudah tersedia di bawah artikel ini dalam blog ini.

Salam penuh cinta.....

>>> Baca juga tulisan saya yang berjudul: BENGKEL CINTA: SERVIS CINTA YANG RUSAK .

 

**********


No comments:

Post a Comment