Thursday, August 13, 2020

CARA MENGATASI PROBLEMATIKA HIDUP DENGAN 3 JURUS

 

CARA MENGATASI PROBLEMATIKA HIDUP:

DENGAN MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN OTAK DAN HATI

DENGAN AKSI AKTIF, KREATIF DAN INOVATIF

 

Hidup ini penuh dengan problematika, dan semua itu harus dihadapi, sebab Alloh Sang Pencipta sudah membekali kemampuan dalam diri ini.

Bekal yang diberikan oleh ialah berupa  i l m u (pengetahuan) yang disimpan di dalam otak dan hati.

Dengan ilmu, manusia bisa meneliti, mengetahui dan membuka misteri-misteri yang tersembunyi di alam semesta ini, lalu mengambil manfaat dari sesuatu yang dia dapatkan.

Itu pulalah ilmu yang pernah diberikan kepada Adam pertama kali, dan akan terus dikembangkan oleh anak-keturunannya hingga hari ini.

“Dan Alloh memberikan ilmu kepada Adam tentang nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian menyampaikannya kepada para malaikat, maka firman-Nya: ‘Sebutkanlah kepada-Ku nama-nama benda itu jika kamu orang-orang yang benar’.” (QS. Al-Baqoroh: 31).

 

Sekarang mari... telusuri otak dan hati!

Kekuatan yang berupa ilmu itu adalah laksana perangkat aplikasi yang dipasang Alloh dalam diri setiap manusia, dan tempatnya ialah di dalam otak dan hati.          

Otak adalah sumber kreatifitas yang selalu aktif mencari, merekayasa dan mencipta hal-hal baru yang diaplikasikan dalam bentuk nyata.

Dan, hati adalah sumber pengambilan keputusan, keberanian dan keyakinan dalam mensikapi setiap problema hidup ini.

Dua komponen tersebut (otak dan hati) adalah merupakan prosesor-inti yang menggerakkan dan mengendalikan seluruh aktifitas diri manusia.  

Dengan memberdayakan dua komponen tersebut, maka manusia akan mampu melintasi dan menundukkan segala problema dalam hidupnya.

Sebab, otak dan hati itu adalah tempat bersumbernya aktifitas, kreatifitas dan inovasi.

 

1.  Aktif

Ialah suatu tindakan yang tidak pernah berhenti selama masih ada kesempatan untuk berbuat yang lebih baik, sehingga tidak terbuai oleh sebatas khayalan-khayalan, mimpi-mimpi dan angan-angan semata.

 

2.  Kreatif

Ialah suatu tindakan yang selalu mencari hal-hal yang baru, kekinian dan yang lebih baik, sehingga tidak ada celah untuk bersantai-santai, bermalas-malasan dan buang-buang waktu yang sia-sia.

 

3.  Inovatif

Ialah suatu tindakan  melakukan pengembangan-pengembangan yang lebih baik dan berbeda dengan apa-apa yang sudah ada, sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan kemandekan dalam hidup.

            Itulah yang membuat manusia menjadi berbeda dengan binatang...!

“Dan sungguh Kami jadikan bagi neraka Jahannam ialah kebanyakan dari jin dan manusia: Mereka mempunyai hati, tapi tidak dipergunakan untuk memahami (ajaran Alloh); dan mereka mempunyai mata, tapi tidak dipergunakan untuk memperhatikan (kebesaran Alloh); dan mereka mempunyai telinga, tapi tidak dipergunakan untuk mendengarkan (suara peringatan Alloh). Mereka itu bagaikan binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’rof: 179).

 

Dengan 3 (tiga) jurus tersebut di atas (aktif, kreatif dan inovatif), tentu anda tidak akan kesulitan lagi dalam menghadapi problematika hidup ini. Sebab, dengan begitu anda tidak lagi berada dalam lingkaran kemalasan dan khayalan yang membuang-buang waktu dan energi dengan sia-sia.

 

Dan satu hal yang harus benar-benar diingat!

Ialah bahwa yang disebut kemenangan dalam hidup ini adalah ketika nyawa (ruh) masih ada dalam tubuh ini.

Dengan masih adanya nyawa dalam tubuh ini, itu berarti masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri dari kesalahan dan kekurangan, dan merubah hidup ini menjadi lebih baik lagi.

Bandingkan dengan orang yang sudah mati! Apa yang bisa dilakukannya untuk merubah diri menjadi lebih baik ?!

Oleh sebab itu, manfaatkan sebaik-baiknya nyawa yang masih ada dalam tubuh ini sebelum mati datang! Agar tak ada penyesalan setelah tak ada waktu lagi untuk memperbaiki diri ini!

Nah, kemenangan terbesar ialah ketika anda mampu mengatasi problematika hidup dengan memberdayakan kekuatan otak dan hati yang aktif, kreatif dan inovatif.

 

NB:

Untuk bisa lebih banyak mendapatkan motivasi kehidupan, silahkan miliki dan baca buku saya ini... 

“JADILAH SANG PENAKLUK”

Info buku & penulis: 089-777-45-997

 >>> Bisa dibeli di Tokopedia, dengan klik: kafebuknet.

*******


No comments:

Post a Comment