Saturday, August 22, 2020

3 SIKAP YANG RINGAN DALAM TEORI TAPI BERAT DALAM PRAKTEK

 

        Dalam perjalanan hidup ini, ada sikap-sikap yang sangat mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilaksanakan. Sikap-sikap itu sangat dekat dengan diri kita dalam kesehariannya. Di antaranya ialah 3 sikap di bawah ini: 


1. Lapang Dada

        "Hai orang-orang beriman! Apabila dikatakan kepadamu : 'Berlapang-lapanglah dalam majelis!'         Maka berlapanglah. Niscaya Alloh akan melapangkan dirimu..." (QS. Al-Mujadalah: 11).

        Adapun sikap lapang-dada ialah tidak egois yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mau memberikan kesempatan kepada orang lain.

        Lebih jauhnya lagi, lapang dada ialah menerima apa adanya dengan keikhlasan hati yang terbuka (karena masih banyak hal lain yang lebih baik lagi) dan mengalah demi kepentingan orang banyak yang jauh lebih besar manfaatnya dibandingkan hanya untuk diri sendiri.


2. Mandiri

 Artinya, teguh dan konsen memiliki pendirian sendiri. Yakni, tidak mudah terbawa-bawa ke mana angin bertiup, sekalipun digoda oleh iming-iming yang menggiurkan. Sesuai dengan peringatan Alloh SWT ini:

"Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang-orang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Alloh. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta." (QS. Al-An'am: 116).


3. Pemaaf

        Pemaaf  ialah sikap tidak mudah emosi (marah), selalu tenang dalam menghadapi permasalahan dan berpikir jauh ke depan sebelum mengambil tindakan, sehingga tidak menambah keruh permasalahan yang ada. Dan selanjutnya, mudah untuk mendapatkan solusi yang pas dan bijak.

        Sebagaimana yang diperintahkan oleh Alloh SWT ini:

        "Jadilah kamu pemaaf dan perintahkan orang mengerjakan yang baik, dan menghindarlah dari             orang-orang yang bodoh." (QS. Al-A'rof : 199).

        Dan sabda Rosululloh SAW :

        "Janganlah kamu marah!" (Al-Hadits).

 

        Itulah 3 sikap yang apabila dipraktekan dalam pergaulan hidup ini, niscaya akan membawa ketenangan, kedamaian dan kenyamanan dalam hidup ini. 

        Dengan 3 sikap di atas itu, tidak akan ada lagi egoisme dan rasa dendam kesumat dalam dada akibat hilangnya sikap lapang-dada; dan tidak akan ada prilaku mengadu domba dan mencari keuntungan di tengah kekeruhan permasalahan akibat munculnya sikap plin-lan dan hilangnya sikap mandiri; juga tidak akan ada tindakan beringas dan membabi-buta tersebab dorongan emosi yang membeludak akibat dari hilangnya sikap pemaaf.

        Semoga kita bisa memiliki 3 sikap seperti di atas itu: lapang-dada, mandiri dan pemaaf. Sehingga perjalanan hidup ini penuh kedamaian, ketenangan dan kenyamanan. Insya Alloh...

 

        **********



No comments:

Post a Comment